5 Gol Timnas U-19 Jadi Bukti Jika Timnas U-19 Tak Hanya Bergantung Pada 1 Orang Saja

Timnas U-19 Indonesia berhasil melewati ujian pertama pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan setelah berhasil memenangkan duel dengan Brunei Darussalam dengan skor telak 5-0.

Di pertandingan tersebut, selama hampir satu pertandingan penuh Timnas Indonesia berhasil mengurung pertahanan Brunei. Mendapatkan serangan tanpa henti, praktis para pemain Brunei-pun hanya mampu memperagakan permainan bertahan.

Pertahanan Brunei Darussalam yang cukup rapat sempat menyulitkan para pemain Timnas U-19 untuk membongkar pertahanan tersebut. Berkali-kali tendangan ke arah gawang maupun serangan yang dibangun oleh Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan berhasil dipatahkan oleh para pemain belakang dan kiper Brunei.

Namun akhirnya gawang Brunei berhasil dibobol oleh para pemain muda Garuda Nusantara. Tak hanya berhasil membobol satu gol, namun lima gol berhasil disarangkan oleh para pemain Timnas U-19.

Yang lebih membanggakan lagi adalah kelima gol tersebut dicetak oleh lima pemain yang berbeda. Hal ini seakan menjadi bukti bahwa Timnas U-19 tidak hanya milik satu pemain saja, dan sekaligus menjadi bukti jika lini serang Timnas U-19 cukup merata.

Keran gol Timnas U-19 dibuka di menit ke-13 oleh penyerang Rafli Mursalim. Rafli berhasil membuka keunggulan Timnas U-19 setelah berhasil memanfaatkan umpan silang Firza Andika.

Satu menit menjelang bubaran, pasukan Garuda Nusantara berhasil menggandakan keunggulan. Sundulan Asnawi Mangkualam yang memanfaatkan sepak pojok tendangan Egy Maulana Vikri mengenai kepala salah satu pemain belakang Brunei gagal diantisipasi oleh kiper Brunei.

Di menit ke-50, Iqbal berhasil memperbesar keunggulan Timnas Indonesia menjadi 3-0. Kemudian lima menit berselang, Egy Maulana Vikri tak mau ketinggalan untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Enam menit kemudian, atau tepatnya di menit ke-61, Saddil Ramdhani yang masuk di babak kedua berhasil memaksa kiper Brunei, Rahimin Abdul Ghani untuk memungut bola dari dalam gawangnya untuk yang kelima kalinya.

Seperti yang dilansir oleh cnnindonesia.com (31/10/2017), meskipun Timnas U-19 Indonesia berhasil menang besar, namun hal tersebut tak membuat Indra Sjafri puas.

“Meski menang besar, kami tetap akan melakukan evaluasi untuk membenahi kekurangan tim ini.” ujar Indra Sjafri.

Hal ini tentu sangat wajar, karena anak asuhnya sempat kesulitan menghadapi strategi parkir bis yang diterapkan oleh Brunei, dan terlihat kurang dalam melakukan variasi serangan dari kedua sayapnya.

Hasil pertandingan Timnas Indonesia dengan kemenangan telak ini, Indonesia berhak menduduki peringkat pertama klasemen sementara grup F.