Dapat Penalti, Manchester United Melaju Ke Babak Semifinal Liga Europa

Manchester United akhirnya mampu melangkahkan kakinya ke babak semifinal Liga Europa setelah di babak perempat final mampu mengalahkan Copenhagen dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan yang digelar di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman hari Selasa (11/8/2020) dini hari.

Sesuai yang diprediksikan dan sesuai rekor head to head kedua tim, pertandingan antara MU Vs Copenhagen ini berjalan sangat ketat.

Meskipun berdasarkan statistik pertandingan Manchester United mampu mendominasi permainan dengan penguasaan bola sebanyak 56% berbanding 44%, namun anak asuh Ole Gunnar Solskjaer ini belum mampu membuat gol.

Padahal, dengan penguasaan bola sebanyak 56% tersebut, Manchester United sukses membuat 26 kali tendangan dengan 14 kali diantaranya ke arah gawang.
Catatan MU ini jauh di atas Copenhagen yang hanya mencatatkan tendangan sebanyak 9 kali dan tidak ada yang mengarah ke gawang.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim di pertandingan ini menurunkan skuad terbaiknya agar dapat lolos ke babak semifinal Liga Europa.

Manchester United turun dengan kekuatan terbaiknya dengan menempatkan Sergio Romero sebagai pengganti David De Gea di posisi penjaga gawang, sementara 4 pemain belakang diisi oleh Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Hary Maguire dan Brandon Williams.

Di lini tengah sebagai jangkar permainan diisi oleh Paul Pogba dan Fred, sementara di gelandang serang pemain muda Mason Greenwood bersanding denagn Bruno Fernandes dan Marcus Rashford dan ujung tombak diserahkan kepada Anthony Martial.

Dengan formasi 4-2-3-1 tersebut, Manchester United langsung bergerak cepat dengan mengurung pertahanan Copenhagen.

Di akhir babak pertama, Mason Greenwood sebenarnya berhasil mencetak satu gol ke gawang Copenhagen.

Namun gol Greenwood tersebut dianulir oleh wasit yang memimpin pertandingan setelah sebelumnya melihat hasil rekaman VAR yang memperlihatkan Greenwood sudah dalam kondisi offside.

Hingga waktu normal pertandingan, kedua tim bermain sama kuat dengan skor 0-0.

Copenhagen sendiri bukannya tanpa perlawanan.
Meskipun statistik menuliskan tidak ada tendangan yang mengarah ke gawang, namun tercatat sempat beberapa kali para pemain depan Copenhagen yang diisi oleh J.Wind dan M.Daramy mampu merepotkan barisan pertahanan Manchester United.

Ketatnya pertahanan Man United lah yang akhirnya membuat serangan-serangan Copenhagen kandas.

Di perpanjangan waktu, Man United langsung mengambil inisiatif serangan.

Serangan bertubi-tubi Setan Merah ke gawang Copenhagen akhirnya membuat barisan pertahanan Copenhagen berbuat ceroboh.

Anthony Martial yang menguasai bola di kotak penalti ditarik oleh pemain belakang Copenhagen hingga terjatuh. Wasitpun kemudian menunjuk titik putih.

Bruno Fernandes yang bertindak sebagai eksekutor penalti Manchester United tak membuang peluang emas tersebut.

Tendangan keras Bruno Fernandes yang mengarah ke kanan gawang Copenhagen sebenarnya dapat dibaca oleh penjaga gawang Copenhagen, namun kecepatannya kalah dengan bola.

Skor 1-0 untuk keunggulan Manchester United atas Copenhagen pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Selain Manchester United, Inter Milan juga lolos ke babak semifinal Liga Europa setelah mengalahkan Bayern Leverkusen dengan skor 2-1.

Highlights Manchester United Vs Copenhagen

Tinggalkan komentar