Dipecat PSSI Jadi Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri Justru Makin Semangat Majukan Sepak Bola Indonesia

foto indra sjafri
foto indra sjafri

PSSI secara resmi tak lagi memperpanjang kontrak pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri yang berakhir pada bulan Desember 2017 mendatang.

Keputusan PSSI tersebut disampaikan langsung oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, dalam sesi jumpa pers di Kantor PSSI, Gran Rubina, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2017) sore WIB.

Namun, meskipun sudah tidak menjadi pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri masih dilibatkan oleh PSSI untuk proyek yang lebih besar, yaitu membentuk skuat Timnas Indonesia untuk Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2034.

Seperti yang dilansir oleh Bolasport.com (21/11/2017), Indra Sjafri mengatakan jika dirinya ingin berkontribusi untuk mimpi besar yang telah disampaikan oleh PSSI, karena sepak bola Indonesia tidak hanya Timnas U-19 saja.

“Sepak bola Indonesia tidak hanya tim nasional U-19. Timnas U-19 adalah bagian kecil dari rencana besar sepak bola nasional. Paparan PSSI kemarin (saat evaluasi) membuat saya ingin berkontribusi untuk mimpi besar tersebut,” ungkap Indra Sjafri seperti yang ditulis oleh akun Instagram PSSI, @pssi_fai.

Baca juga:

Ya, PSSI memang menggeser tugas pokok Indra Sjafri dari pelatih Timnas U-19 menjadi pencari bakat untuk skuat Timnas yang akan datang.

“Kami akan bentuk timnas yang baru, yaitu kelahiran 2001-2003. Saya ingin mempersiapkan tim untuk 2024. Saya punya waktu yang lebih detail dan lebih merata untuk (memantau) keseluruhan Indonesia. Berbeda dengan timnas U-19 kemarin, waktu saya cuma dua bulan” ucap pelatih yang akrab dengan kumisnya tersebut.

Dengan tugas barunya ini, Indra Sjafri diharapkan oleh PSSI akan semakin fokus dalam mencari bakat-bakat terpendam para pemain sepak bola di seluruh penjuru Indonesia.

Karena seperti yang diketahui, Indra Sjafri berhasil menemukan beberapa pemain potensial yang sebelumnya tidak pernah diperhatikan oleh pemandu bakat klub lokal manapun.

Beberapa pemain yang pernah ditemukan oleh Indra Sjafri dan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia dan klubnya antara lain adalah Maldini Pali, Egy Maulana Vikri, Hansamu Yama, Evan Dimas dan masih banyak lagi.