Hasil Liga Champions Matchday Pertama

Berikut ini hasil Liga Champions fase penyisihan grup Liga Champions matchday pertama yang berlangsung pada Selasa (16/9/2014) dan Rabu (17/9/2014).

Bayern Munich 1 – 0 Manchester City

Manchester City harus menelan kekalahan tipis 0 – 1 saat bertandang ke Jerman melawan Bayern Munich. Gol kemenangan Byern ditentukan oleh gol Jerome Boateng di menit ke-90.

Menurut catatan UEFA, Bayern berhasil menguasai bola sebanyak 58 persen dengan menciptakan sembilan peluang dari 22 usaha yang dilakukan, sedangkan Manchester City hanya berhasil menciptakan dua peluang emas dari delapan percobaan yang dilakukan.

Chelsea 1 – 1 Schalke 04

Chelsea gagal meraih poin penuh di Stamford Bridge ketika hanya mampu bermain imbang melawan tamunya yang berasal dari Jerman, Schalke 04 di matchday pertama Grup G Liga Champions.

Pada pertandingan ini, Jose Mourinho lebih memilih memainkan Didier Drogba sebagai starter daripada memainkan Diego Costa yang bermain sangat gemilang di Premiere League.
Chelsea mampu unggul dulu atas SChalke 04 melalui gol Cesc Fabregas pada menit ke-11 setelah menerima umpan 1-2 dengan Eden Hazard di kotak penalti Schalke.
Namun keunggulan Chelsea sirna, karena di menit ke-62, Schalke mampu membobol gawang Chelsea melalui aksi tim nasional Belanda, Klaas-Jan Huntelaar.

Menurut statistik UEFA, kedua tim bermain sama kuat dengan sama-sama menguasai bola sebanyak 50 persen.

Barcelona 1 – 0 APOEL Nicosia

Barcelona hanya berhasil menang tipis 1- 0 atas APOEL di Camp Nou pada dini hari tadi (Kamis 18/9/2014).
Barca yang tampil dominan sejak menit-menit awal berkali-kali mendapatkan peluang emas dari para pemain bintangnya seperti Lionel Messi, Neymar dan Munir El Haddadi. Namun upaya yang mereka bangun tidak membuahkan hasil.
Di menit ke-28 Gerard Pique akhirnya berhasil menjebol gawang APOEL setelah berasil memanfaatkan umpan tendangan bebas Lionel Messi.

Berdasarkan catatan statistik UEFA, Barcelona berhasil menguasai bola sebanyak 67 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 17 usaha yang dilakukan, sedangkan tim tamu hanya berhasil melepaskan satu tendangan akurat dari empat kali percobaan yang dilakukan)

Ajax 1 – 1 Paris Saint-Germain

Sama-sama galau dalam menjalani kompetisi domestik di negara masing-masing, Ajax Amsterdam dan PSG hanya mampu bermain imbang 1 – 1 di pertandingan Liga Champions.

Gol Ajax Amsterdam ke gawang PSG disumbangkan oleh Schoene pada menit ke-74, sedangkan gol PSG disumbangkan oleh Edinson Cavani pada menit ke-14

AS Roma 5 – 1 CSKA Moscow

AS Roma berpesta gol di pertandingan pembuka fase grup Liga Champions. Menjamu klub asal Rusia, CSKA Moscow berpesta lima gol ke gawang CSKA Moscow melalui gol-gol yang dicetak oleh Iturbe (6′), Gervinho (10′), Maicon (20′), Gervinho (31′) dan Ignashevich (50′).
Satu-satunya gol balasan CSKA Moscow dicetak oleh Musa pada menit ke-82.

Dengan kemenangan ini, AS Roma menebarkan ancaman yang cukup serius bagi penghuni lain di Grup E seperti Manchester City dan Bayern Munich.

FC Porto 6 – 0 BATE Borisov

FC Porto berhasil menumbangkan tamunya BATE Borisov dengan enam gol tanpa balas.
Pemain Brahimi menjadi bintang FC Porto setelah berhasil mencetak tiga gol(hatrick) ke gawang BATE Borisov.

Berikut daftar pencetak gol FC Porto ke gawang BATE Borisov di laga Liga Champions:

Brahimi (5′)
Brahimi (32′)
Martinez (37′)
Brahimi (57′)
Adrian (61′)
Aboubakar (76′)

Maribor 1 – 1 Sporting Lisbon

Sporting Lisbon gagal membawa pulang poin penuh dari kandang Maribor setelah hanya bermain imbang 1 – 1.
Sporting Lisbon yang diperkuat oleh Nani, berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak oleh Nani di menit ke-80.
Maribor sukses menggagalkan perayaan kemenangan Sporting Lisbon setelah di menit ke-90 Zahovic berhasil menjebol gawang Sporting Lisbon

Athletic Bilbao 0 – 0 Shakhtar Donetsk

Bermain dihadapan suporternya sendiri, Athleteic Bilbao hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Shakhtar Donetsk.

Liverpool 2 – 1 PFC Ludogorets Razgrad

Liverpool untuk kali pertama kembali bermain di Liga Champions semenjak absen pada musim kompetisi 2009-2010. The Reds tergabung di Grup B bersama Real Madrid, Ludogorets, dan Basel.

Pada pertandingan pembukanya, Liverpool mampu mengungguli tamunya dengan skor 2 – 1 di Stadion Anfield yang juga markas Liverpool.

Liverpool sempat unggul terlebih dahulu melalui pemain depan anyar mereka Mario Balotelli di menit ke-82, namun PFC Ludogorets Razgrad membuat suporter Liverpool di Anfield terhenyak setelah tim tamu mampu memperkecil kekalahannya di menit ke-90 juga melalui gol Abalo. Beruntung Liverpool mendapatkan hadiah tendangan Penalti dan Gerrard sukses membuat Liverpool kembali unggul menjadi 2-1.

Real Madrid 5 – 1 FC Basel

Carlo Ancelotti pantas memuji penampilan Iker Casillas dan timnya secara keseluruhan, setelah Los Blancos menang 5-1 atas Basel pada matchday pertama Grup B Liga Champions.

Gol pertama Madrid dihasilkan dari bunuh diri bek Basel. Setelah itu, Gareth Bale menggandakannya, disusul gol Cristiano Ronaldo, James dan Benzema. Khusus James, ini merupakan gol pertama dalam debutnya di Liga Champions bersama Los Blancos.

Sedangkan satu-satunya gol balasan FC Basel dicetak oleh Gonzalez pada menit ke-38

Borussia Dortmund 2 – 0 Arsenal

Arsenal dibuat tidak berdaya di kandang Borussia Dortmund setelah dipaksa menyerah 0-2 di matchday pertama Grup D Liga Champions di Signal Iduna Park, Selasa (17/9/2014).

Dortmund membuka keunggulan melalui torehan Ciro Immobile pada menit ke-45, kemudian Aubameyang berhasil menggandakan keunggulan Dortmund atas Arsenal di menit ke-48.

Menurut catatan UEFA, Dortmund menguasai bola sebanyak 47 persen dan menciptakan tujuh tembakan akurat dari 24 usaha. Adapun Arsenal melepaskan satu peluang emas dari empat percobaan.

Olympiacos 3 – 2 Atletico Madrid

Bermain di kandang Olympiakos, Atletico Madrid dipaksa bertekuk lutut oleh tuan rumah dengan skor 3-2 untuk kemenangan tim asal Yunani, Olympiakos.

Gol Olympiakos dicetak oleh Masuaku (13′), Afellay (31′), Mitroglou (74′). Sedangkan gol balasan Atletico Madrid dicetak oleh Mandzukic (38′) dan Griezmann (87′)

Juventus 2 – 0 Malmo FF

Bermain di depan publik Juventus, membuat klub asal kota Turin Italia ini bermain gemilang. Carlos Tevez menjadi pahlawan bagi Juventus setelah menyumbang dua gol untuk Juventus atas tamunya Malmo FF pada menit ke-59 dan menit ke-90.

Bermain sebagai tuan rumah dengan menjamu Zenit St. Petersburg justru membuat Benfica terpuruk dan tidak mampu memanfaatkan peluang.
Kekalahan 0 – 2 oleh tim tamu akan menyebabkan langkah Benfica bisa sedikit terhambat.
Gol-gol Zenit St. Petersburg dicetak oleh Hulk di menit ke-5 dan Witsel di menit ke-22

AS Monaco 1 – 0 Bayer Leverkusen

Meskipun bermain dihadapan suporter sendiri, AS Monaco hanya mampu menang tipis 1 – 0 atas Bayer Leverkusen.
Meskipun hanya menang tipis, namun 3 poin di pertandingan pertama Liga Champions bukanlah hasil yang amat buruk.

Galatasaray 1 – 1 Anderlecht

Galarasaray hampir saja dipermalukan oleh tamunya Anderlecht setelah sempat tertinggal satu gol yang dilesakkan oleh Anderlecht melalui pemainnya Praet di menit ke-52. Galatasaray baru mampu menyamakan kedudukan di menit ke-90 melalui gol Yilmaz