Hasil Pertandingan Thailand Vs Indonesia: 2-0

Indonesia masih harus mengubur mimpi merengkuh juara Piala AFF 2016 setelah dikalahkan Thailand dengan skor 0-2 di final kedua Piala AFF 2016

Misteri angka dua masih menyelimuti Timnas Indonesia, kali ini di final kedua Piala AFF 2016 Thailand Vs Indonesia, Boaz Solossa dan kawan-kawan harus menyerah dengan skor 0-2. Thailand pun menjadi juara Piala AFF 2016 dengan kemenangan agregat 3-2.

Pertandingan final kedua Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand berjalan cukup alot.

Thailand yang membutuhkan kemenangan untuk meraih juara Piala AFF 2016 bermain dengan sangat sabar dan penuh percaya diri, sedangkan Indonesia yang hanya membutuhkan hasil seri untuk meraih juara Piala AFF 2016 bermain lebih ke dalam dan lebih menunggu. Akibatnya, para pemain Thailand pun terlihat sangat leluasa bergerak dan membongkar pertahanan Indonesia yang digalang oleh Hansamu Yama, dan Fachruddin.

Akhirnya di menit ke-37 gawang Indonesia yang dijaga oleh Kurnia Meiga berhasil dibobol oleh Siroch Chattong. Bola umpan silang dari Theerathon Bunmathan sebenarnya berhasil diblok oleh Fachrudin, sayangnya bola tersebut memantul mengenai kaki Sioch Chattong.

Gol tersebut menjadi satu-satunya gol di babak pertama dan membuat posisi Thailand di atas angin karena Thailand berhak menjadi juara Piala AFF 2016 jika hasil pertandingan tetap dengan skor 1-0, hal ini karena Thailand mampu mencetak gol di kandang Indonesia.

Memasuki babak kedua, Alfred Riedl melakukan perubahan di sisi kanan pertahanan Indonesia. Benny Wahyudi yang telah mendapatkan kartu kuning di babak pertama digantikan oleh Dedi Kusnandar.

Namun pergantian ini terlihat kurang efektif, karena di menit awal babak kedua, justru gawang Indonesia kembali bobol lewat torehan gol Siroch pada menit ke-47.

Tertinggal dua gol, Alfred Riedl melakukan perubahan besar. Dua sayap Indonesia yang tidak efektif digantikan. Zulham Zamrun diganti oleh Ferdinan Sinaga dan Rizky Pora diganti oleh Ferdinand Sinaga.

Pergantian ini sedikit membuat penyerangan Indonesia kuat, terbukti dua peluang emas dapat dihasilkan oleh para pemain Indonesia, hanya sayang kesalahan komunikasi diantara para pemain depan menjadi penyebab gagalnya gol bersarang di gawang Thailand.

Hasil pertandingan dengan hasil kekalahan timnas Indonesia ini semakin menorehkan duka, tatkala dimenit akhir, bek kiri Indonesia, Abduh Lestaluhu yang terlihat emosi menendang bola ke bangku cadangan Timnas Thailand mendapatkan kartu merah langsung dari wasit.

Pertandingan final Piala AFF 2016 inipun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Thailand dan menjadikan Thailand sebagai juara.

Thailand 2-0 Indonesia, Siroch Chattong (37′, 47′)

Thailand: 1-Kawin Thamsatchanan, 3-Theerathon Bunmathan, 5-Adison Promrak, 19-Tristan Do, 4-Kroekrit Thaweekarn, 6-Sarach Yooyen, 18-Chanathip Songkrasin, 14-Sarawut Masuk, 10-Teerasil Dangda, 7-Charyl Chappuis, 9-Siroch Chatthong (Sarawat Masuk 89′)

Cadangan: 20-Sinthaweechai Hathairattanakool, 23-Chanin Sae-ear, 2-Peerapat Notchaiya, 11-Mongkol Tossakrai, 12-Adul Lahsoh, 15-Koravit Namwiset, 16-Pratum Chuthong, 17-Tanaboon Kesarat, 21-Pokklaw Anan, 29-Rungrath Poomchantuek, 35-Prakit Deeprom, 36-Pravinwat Boonyong

Indonesia: 1-Kurnia Meiga, 2-Beny Wahyudi (Dedi Kusnandar 46′), 3-Abduh Lestaluhu, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 25-Manahati Lestusen, 19-Bayu Pradana, 14-Rizky Pora (Ferdinand Sinaga 73′), 8-Stefano Lilipaly, 21-Zulham Zamrun (Lerby 63), 7-Boaz Solossa

Cadangan: 22-Teja Paku Alam, 26-Andritany, 4-Abdul Rachman, 6-Evan Dimas, 9-Ferdinan Sinaga, 11-Dedi Kusnandar, 12-Lerby Eliandy, 13-Yanto Basna, 17-Muchlis Hadi, 18-Bayu Gatra, 27-Gunawan Dwi Cahyo

Wasit: Abdulla Hasan (Uni Emirat Arab)