Ini Daftar Sanksi Arema FC Akibat Ulah Aremania Di Laga Arema FC Vs Persib Bandung

Sanksi Arema FC ini menjadi musibah Arema FC di awal musim, karena Arema FC selalu gagal mendapatkan hasil maksimal di 4 laga awal Liga 1 2018 ini

Foto Balsa Bozovic - Arema FC Vs Persib Bandung
Foto Balsa Bozovic - Arema FC Vs Persib Bandung

Seperti yang telah diprediksikan, laga Arema FC Vs Persib Bandung yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (15/4/2018) berlangsung sangat seru dan panas.

Arema FC yang berusaha bermain apik dan merebut poin penuh di hadapan puluhan ribu suporternya berhasil mencuri gol pertama di menit ke-18 melalui penyerang andalannya, Thiago Furtuoso.

Thiago Furtuoso yang mendapatkan umpan terobosan dari Dendi Santoso berhasil mencetak gol setelah lolos dari dua pemain bertahan Persib Bandung.

Namun sayang keunggulan Arema FC tersebut hanya berlangsung sesaat saja. Di menit ke-19, Ezechiel N’Douassel berhasil menyarangkan bola ke gawang Arema FC yang dijaga oleh Utam Rusdiana. Kedudukan imbang 1-1 inipun bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, pertandingan kembali berjalan sengit. Terlebih lagi, di menit ke-78, Ezechiel N’Douassel untuk kedua kalinya berhasil memperdayai penjaga gawang Singo Edan. Persib Bandung pun unggul 2-1 atas tim tuan rumah.

Aremania yang sepertinya memendam kekecewaan dengan hasil beberapa pertandingan yang telah dilakoni oleh tim kesayangannya ini akhirnya mulai bertindak anarkis.

Botol-botol minum air mineral, sendal jepit hingga potongan kayu terlihat dilempar oleh beberapa suporter Arema FC. Namun pertandingan tetap bisa dilanjutkan.

Di menit ke-87, gelandang Arema FC asal Montenegro, Balsa Bozovic, berhasil mencetak gol penyeimbang untuk timnya, setelah Balsa Bozovic, menerima umpan panjang Hendro Siswnto dan berhasil mengecoh dua pemain belakang Persib Bandung dan melepaskan tendangan yang gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Persib Bandung.

Para suporter Arema FC kemudian kembali berbuat ulah lagi setelah Dedik Setiawan yang baru masuk di pertengahan babak kedua mendapatkan kartu merah di menit ke-88 setelah menyikut salah satu pemain Persib Bandung.

Aremania secara tiba-tiba berloncatan dari tribun dan berusaha masuk ke tengah lapangan. Tak hanya itu saja, benda-benda keras seperti botol – botol air mineral kembali dilempar oleh para suporter Arema FC.

Bahkan, seperti yang dilansir oleh Bolasport.com (15/4/2018), pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, terluka di bagian dahinya.

Atas tindakan suporternya yang diluar kendali ini, Arema FC tentu akan menerima hukuman berat dari Komisi Disiplin PSSI.

Beberapa hukuman yang mungkin akan diterima oleh Arema FC antara lain adalah:

sanksi denda Arema FC
sanksi denda Arema FC

1. Kekerasan pada orang atau obyek tertentu

Jika terbukti melanggar peraturan ini, Arema FC akan mendapatkan sanksi yang diatur dalam Kode Disiplin PSSI yang denda atau hukumannya tergantung dari akibat yang ditimbulkan.

2. Pelemparan botol minum atau kaleng minuman yang terisi

Dalam tayangan langsung televisi, tampak beberapa botol minuman mineral isi dilemparkan oleh Aremania ke tengah lapangan.
Pelanggaran ini akan membuat Arema FC dihukum sebesar Rp 50.000.000,- untuk satu sampai sepuluh benda yang dilemparkan.
Jika ada banyak, tentu denda yang harus dibayarkan juga akan lebih besar.

3. Pelemparan botol minum atau kaleng minuman yang kosong

Jika pelanggaran ini dilakukan oleh Aremania, maka Arema FC diharuskan membayar denda sebesar Rp 30.000.000,- untuk satu sampai sepuluh benda-benda yang dilemparkan.

Nominal denda tersebut tentu akan dapat bertambah, apabila ternyata pada saat penyelidikan dan laporan yang disampaikan terdapat benda-benda lain yang dilemparkan oleh Aremania.

sanksi arema fc, suporter masuk lapangan
sanksi arema fc, suporter masuk lapangan

Selain denda-denda tersebut di atas, Arema FC juga telah dipastikan mendapatkan sanksi membayar denda yang cukup besar karena ulah para suporternya yang masuk ke tengah lapangan.

Jika menilik dari Kode Disiplin PSSI 2018 seperti yang dilansir oleh GalaPersib.com (15/4/2018), Arema FC akan didenda sebesar Rp 50.000.000,- untuk dua sampai lima orang yang memasuki lapangan permainan.

Nah, jika sudah terbawa emosi sesaat seperti itu, tentu klub kesayangan yang akan dirugikan bukan?