Gol Andik Virmansyah dan Lilipaly antar Timnas Indonesia ke Semi Final Piala AFF 2016.

Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke Semifinal Piala AFF 2016 setelah berhasil mengalahkan Timnas Singapura dengan skor tipis 1-2 pada laga di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Jum’at (25/11) malam.

Alfred Riedl yang menurunkan komposisi yang sedikit berbeda di lini tengah sempat membuat permainan Timnas Indonesia sedikit mengalami kesulitan meskipun pada menit-menit awal pertandingan Timnas Indonesia langsung mendapatkan peluang emas.

Namun setelah peluang emas yang diciptakan oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-7 gawang Indonesia malah kebobolan terlebih dahulu di menit ke-27 oleh Singapura. Khairul Amri yang pernah bermain untuk Persiba Balikpapan berhasil melepaskan tendangan akrobatik yang sangat keras yang mampu membobol gawang Timnas Indonesia yang masih dipercayakan kepada Kurnia Meiga.

Hingga babak pertama berakhir Indonesia masih ketinggalan dengan skor 1-0. Memasuki babak kedua Alfred Riedl menarik Evan Dimas yang digantikan oleh Ferdinand Sinaga.

Strategi pelatih Indonesia ini akhirnya mmbuahkan hasil, setelah Andik Virmansyah berhasil menyambut umpan silang yang dilepaskan Rizky Pora dari sisi kiri pertahanan Singapura. Andik Virmansyah yang berlari dari belakang menyambut umpan tersebut dengan tendangan voli dan membuahkan gol penyeimbang bagi Timnas Indonesia.

Skor 1-1 membuat tensi permainan semakin meningkat, terlebih lagi di pertandingan lain, Filipina mengalami kekalahan dengan skor 0-1 dari Thailand.

Indonesia mampu menciptakan beberapa peluang emas, sayang kiper Singapura, Hassan Suny bermain cemerlang dengan selalu sukses memotong dan menghalau serangan Timnas Indonesia.

Di menit ke-85, Indonesia akhirnya berhasil menjebol gawang Singapura untuk yang kedua kalinya melalui tendangan Stefano Lilipaly yang berhasil menyambut umpan Boaz Salossa.

Gol Lilipaly ini bertahan hingga akhir pertandingan yang sekaligus sebagai gol penentu lolosnya Timnas Indonesia ke babak Semi Final Piala AFF 2016.

Pada pertandingan Semi Final yang digelar pada tanggal 3 Desember 2016 nanti, Indonesia akan berhadapan dengan juara grup A yang saat ini ditempati oleh Vietnam.

Pertandingan Semi Final akan memakai format home dan away, dan Indonesia akan menjadi tuan rumah atas Vietnam di pertandingan pertama semi final piala AFF 2016 nanti.

Berikut ini Susunan Pemain di pertandingan Singapore vs Indonesia

Singapura: Hassan Sunny, Shakir Hamzah, Madhu, Faritz, Bennett; Faris, Harun, Baharudin, Hanapi, Kumar, Khairul Amri.

Indonesia: Meiga, Benny, Yanto Basna, Fachrudin, Abduh; Evan Dimas, Bayu Pradana, Lilipaly, Andik Vermansyah, Rizky Pora, Boaz.