foto Moussa Dembele - Lyon
foto Moussa Dembele - Lyon

Moussa Dembele adalah seorang pemain sepakbola berkewarganegaraan Prancis yang saat ini bermain di Lyon.

Sebelum bergabung dengan Lyon, Moussa Dembele pernah juga bergabung dengan klub Liga Inggris, Fulham selama empat musim dan kemudian pindah ke Celtic sebelum akhirnya bermain untuk Lyon.

Dembele memulai karier juniornya di Paris Saint-Germain kemudian bergabung dengan Fulham pada tahun 2012 dan memulai debut seniornya di tim tersebut pada tahun 2013

Saat masih remaja, Moussa Dembele juga menjadi pemain Timnas Prancis U-16 hingga Timnas Prancis U-21.

Perjalanan Karir dan Profil Moussa Dembele

Secara singkat, profil dan biodata Moussa Dembele adalah sebagai berikut:

Biodata Moussa Dembele

Nama asli: Moussa Dembele
Nama panggilan: Moussa Dembele
Tanggal Lahir: 12 Juli 1996
Tempat lahir: Pontoise, Prancis
Tinggi: 183 cm
Posisi: Striker
Agama: –

Perjalanan Karir Moussa Dembele

Sebagai seorang pemain muda, perjalanan karir Moussa Dembele memang masih panjang, tetapi kisah perjalanan karirnya sudah cukup membuatnya kaya pengalaman bermain di tiga liga Eropa yang berbeda.

Bermain Bersama Fulham

Perjalanan karir profesional Moussa Dembele bermula saat Fulham mendatangkan dirinya dari Paris Saint-Germain saat usianya baru menginjak 16 tahun.

Bersama Fulham, Moussa Dembele bermain untuk tim Fulham U-18. Karena penampilannya yang konsisten, Dembele pun akhirnya bermain untuk tim utama Fulham.

Debut Dembele bersama tim senior Fulham terjadi saat Fulham bermain melawan West Ham United. Dembele masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-83.
Sayangnya debut Dembele tidak berakhir manis. Fulham kalah 0-3 dan Dembele harus mengalami cedera

Dembele menjadi tim Fulham selama kurang lebih tiga tahun dan telah mencetak 19 gol serta 9 assists dalam 64 kali penampilannya.
Ousmane Dembele kemudian meninggalkan Fulham saat tim tersebut terdegradasi ke Divisi 1 Liga Inggris (Championship).

Bermain Bersama Celtic

Di tanggal 28 Juni 2016, Dembele setuju bergabung dengan Celtic dengan durasi kontrak selama empat tahun untuk bermain di Liga Skotlandia.

Sama halnya saat memperkuat Fulham, debut Dembele di Celtic pun diwarnai dengan kekalahan. Dembele yang berpartner dengan Leigh Griffiths di lini depan Celtic, harus mengakui keunggulan Lincoln Red Imps dengan skor 0-1.

Pada tahun 2017, Moussa Dembele sempat dirumorkan akan bergabung dengan Chelsea. Bahkan dikabarkan jika Dembele telah menjalani tes medis bersama Chelsea, namun rumor tersebut dimentahkan oleh manager Chelsea saat itu, Antonio Conte.

Di musim kompetisi 2017-2018, Moussa Dembele mengalami cedera yang cukup parah yang harus membuatnya tidak bermain selama kurang lebih tiga bulan.

Karena cedera panjang tersebut, Dembele harus berjuang untuk menemukan bentuk permainannya seperti musim Liga Primer Skotlandia 2016–17, kegigihan Dembele membawa hasil, Dembele masih berhasil mencetak 16 gol dalam 39 penampilan, berkontribusi besar bagi Celts, sehingga melengkapi treble domestik kedua berturut-turut mereka.

Bersama Celtic, Moussa Dembele telah bermain sebanyak 94 pertandingan dan berkontribusi dengan mencatatkan 51 gol dan 18 assists.

Bermain Bersama Lyon

Di tanggal 31 Agustus 2018, Moussa Dembele menyetujui kontrak untuk bermain bersama klub Ligue 1 Lyon. Nilai transfer Moussa Dembele dari Celtic ke Lyon saat itu bernilai 19,7 juta poundsterling atau setara Rp 361.5 miliar.

Bersama Lyon, Moussa Dembele kembali menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Di musim pertamanya bersama Lyon, Moussa Dembele bermain sebanyak 33 pertandingan dan membuat 15 gol serta 5 assists.

Catatan apik Moussa Dembele di musim pertamanya tersebut berlanjut di musim kompetisi 2019-2020. Di musim ini, sebelum Liga Prancis dihentikan karena adanya pandemi Virus Corona, Moussa Dembele telah bermain sebanyak 27 pertandingan dan telah membukukan 16 gol serta 2 assists.

Jumlah gol tersebut menempatkan Moussa Dembele dalam tiga besar pencetak gol terbanyak Ligue 1. Catatan gol Dembele hanya kalah dua gol dari penyerang PSG, Kylian Mbappe dan penyerang AS Monaco, Wissam Ben Yedder.

Di akhir musim 2019-2020 ini, Moussa Dembele disebut-sebut diminati oleh Manchester United.

Baca juga: Keuntungan Manchester United Jika Sukses Datangkan Moussa Dembele

Berita Sportnews

KOMENTAR KAMU

Please enter your comment!
Isikan nama kamu di sini