Osas Saha Gagal Penalti, Timnas Indonesia Terpuruk Di Kandang Malaysia

Foto Febri Hariadi Timnas Indonesia
Foto Febri Hariadi Timnas Indonesia

Hasil akhir pertandingan antara Timnas Malaysia Vs Timnas Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup G yang digelar di Stadion Bukit Jalil berakhir dengan skor 2-0.

Timnas Malaysia berhasil memenangkan pertandingan melalui dua gol yang dicetak oleh Safawi Rasid di menit ke-30 dan menit ke-73.

Uniknya, dua gol yang dicetak oleh Safawi Rasid tersebut berasal dari dua kali kesalahan yang dilakukan oleh pemain belakang Timnas Indonesia, Yanto Basna.

Gol pertama Timnas Malaysia ke gawang Timnas Indonesia berawal dari pelanggaran keras yang dilakukan oleh Yanto Basna di luar kotak penalti. Hadiah tendangan bebas tersebut tidak disia-siakan oleh Safawi Rasid.

Pemain yang memakai nomor punggung sebelas tersebut membuat gol cantik melalui tendangan bebas yang sangat keras yang tak dapat diblok oleh pagar hidup pemain Indonesia maupun penjaga gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Malaysia atas Indonesia.

Di babak kedua, Timnas Indonesia berusaha mengejar ketertinggalan dan berusaha untuk mencetak gol penyeimbang.

Sejumlah perubahan dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena yaitu memasukkan Osas Saha untuk menggantikan Greg Nwokolo, mengganti Septian David Maulana dengan Dendi Santoso dan memasukkan Rizky Pora untuk menggantikan Teuku Ichsan.

Namun sayang, segala perubahan yang dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia tersebut tidak membuahkan hasil yang berarti.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Timnas Indonesia justru kemasukan lagi setelah Yanto Basna gagal melakukan pengawalan terhadap Safawi Rasid.

Safawi Rasid yang berhasil mencuri bola dari Yanto Basna, tanpa ampun melesakkan tendangan yang sangat keras ke gawang Indonesia. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Derita Timnas Indonesia semakin terasa setelah di pertandingan tersebut, Osas Saha gagal mencetak gol dari titik penalti.

Tendangan penalti Osas Saha terlalu lemah dan mudah dibaca oleh penjaga gawang Malaysia.

Dengan hasil kemenangan 2-0 atas Indonesia ini, posisi Timnas Malaysia di klasemen Grup G naik ke peringkat dua dengan raihan 9 poin.

Sementara posisi Timnas Indonesia di kalsemen Grup G ini semakin terbenam di dasar klasemen Grup G dengan raihan 0 poin dari melakoni lima pertandingan.