Dua kali bermain dengan hasil kurang maksimal, bagaimanakah peluang lolos Timnas Indonesia di Piala AFF 2016?

Timnas Indonesia yang tergabung dalam grup A di Piala AFF 2016 bersama dengan Thailand, Filipina dan Singapura telah bermain dua kali dan sayangnya hasil yang didapatkan oleh Timnas Indonesia kurang maksimal.

Dua kali malakoni laga Piala AFF 2016 di Filipina, pada pertandingan pertama Indonesia harus puas dibantai juara bertahan Thailand dengan skor cukup telah 2-4.

Pada pertandingan tersebut Boaz Salossa dan kawan-kawan sempat tertinggal dulu 2-0, namun berkat kesabaran para pemain, Timnas berhasil membuat dua gol penyeimbang.
Sayang setelah mencetak dua gol, para pemain Timnas Indonesia lengah hingga Thailand berhasil menambah dua gol lagi.

Di pertandingan kedua, suporter Timnas Indonesia yang ingin melihat Indonesia lolos terpaksa harus menahan nafas.
Permainan cepat seperti yang diperagakan saat melawan Thailand di pertandingan melawan tuan rumah Filipina ini pupus.

Para pemain Indonesia terlihat terlalu terburu-buru, padahal jika seandainya dapat bermain lebih sabar, tentu Mampoo yakin Timnas Indonesia mampu mengalahkan timnas Filipina.

Alhasil di pertandingan kedua ini Timnas Indonesia harus rela bermain imbang 2-2 dan selama dua kali pertandingan ini Indonesia masih mengumpulkan satu poin saja.

Lalu bagaimanakah peluang lolos Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 ini?

Semua tentu berharap Timnas Indonesia mampu lolos dan melanjutkan kiprahnya di Piala AFF 2016 ini.

Dan, beruntunglah, sebelum pertandingan melawan Singapura pada hari Jumat (25/11/2016) peluang Indonesia belumlah tertutup 100% karena selain Thailand yang telah memastikan lolos sebagai juara grup A ada tiga tim lain yang masih memperebutkan posisi kedua.

Filipina yang saat ini berada di peringkat kedua tentu menjadi tim yang berpeluang mampu merebut posisi kedua, selain berhasil mengumpulkan dua poin, di pertandingan akhir nanti Filipina akan melawan Thailand yang sudah memastikan lolos.
Jika Thailand menyimpan beberapa pemain andalannya di pertandingan akhir nanti, tentu peluang menang Timnas Filipina akan jauh lebih besar lagi.

Singapura bernasib sama dengan Indonesia. Dalam dua pertandingan, Timnas Singapura hanya berhasil mengumpulkan satu poin hasil dari satu kali seri melawan Filipina dan kalah melawan Thailand.
Posisi Singapura masih di atas Indonesia karena Singapura unggul selisih gol.

Timnas Indonesia haruslah berjuang sangat keras di pertandingan terakhir melawan Singapura pada hari Jumat (25/11/2016) mendatang. Sama-sama memerlukan poin penuh, tentu akan membuat Boaz Salossa dan kawan-kawan harus bermain dengan sepenuh hati dan penuh semangat. Meskipun pada akhirnya nanti peluang lolos akan ditentukan dari hasil akhir pertandingan Thailand vs Filipina.

Menghitung peluang lolos Timnas Indonesia

Meskipun berat, peluang lolos Timnas Indonesia ke babak lanjutan Piala AFF 2016 masih terbuka meskipun tidak terlalu lebar.

Indonesia dapat lolos ke babak selanjutnya jika:

1. Indonesia menang atas Singapura dengan selisih dua gol lebih, dan Filipina kalah lebih dari satu gol dari Thailand.

2. Indonesia menang atas Singapura dengan selisih dua gol lebih, dan Filipina hanya mampu bermain imbang melawan Thailand.