Piala Asia U-19, Waktunya Garuda Nusantara Untuk Terbang di Arena Internasional

Piala Asia U-19 segera memasuki pintu gerbang tahap awal, yaitu babak kualifikasi yang akan digelar pada tanggal 31 Oktober hingga 8 November 2017 di Korea Selatan.

Indonesia, meskipun telah menggenggam satu tiket lolos ke babak utama Piala Asia U-19 karena menjadi tuan rumah perhelatan tersebut tetap menurunkan timnas U-19 nya di babak kualifikasi tersebut.

Keikutsertaan Garuda Nusantara di babak Kualifikasi Piala Asia U-19 ini bukanlah tanpa alasan. Alasan utamanya tentu saja Indra Sjafri dan semua jajaran pelatih dan pengurus Timnas ingin mengetahui kemampuan sesungguhnya anak-anak muda yang tergabung dalam skuat Timnas U-19 ini. Apakah mampu bersaing dengan timnas lain yang ada di Asia atau tidak.

Dalam babak kualifikasi tersebut, Timnas U-19 tergabung dalam grup F bersama tuan rumah Korea Selatan, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Malaysia.

Meskipun hanya Korea Selatan saja yang belum pernah dihadapi oleh Timnas U-19, tetapi kekuatan negara-negara lain tidak dapat dianggap enteng. Brunei Darussalam dan Timor Leste tentu akan berjuang sekuat tenaga untuk menjadi tim yang bisa menyulitkan langkah Timnas U-19 meraih poin-poin penting, belum lagi Malaysia yang mempunyai tradisi selalu menjadi batu sandungan bagi skuat Timnas.

Beruntung pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri pernah merasakan atmosfer pertemuan antara Indonesia dengan Korea Selatan dan memiliki kenangan manis di pertandingan tersebut.

Pada saat itu Indra Sjafri yang menukangi Timnas U-19 tahun 2013 berhasil membawa Timnas U-19 yang diperkuat oleh Evan Dimas dan kawan-kawan meraih kemenangan dengan skor tipis 3-2.

Timnas U-19 saat ini dinilai memiliki kemampuan yang lebih baik daripada Timnas U-19 tahun 2013 tersebut.

Keberadaan beberapa pemain muda berbakat yang talentanya telah dilirik oleh beberapa klub Eropa seakan menjadi salah satu jaminan untuk membawa Timnas U-19 yang berjuluk Garuda Nusantara ini terbang lebih tinggi di arena internasional.

Seperti yang dilansir oleh Liputan6.com (23/10/2017) jadwal pertandingan Timnas U-19 di kualifikasi Piala Asia u-19 telah dirilis.

Di pertandingan pertama yang digelar pada hari Selasa, 31 Oktober 2017 Indonesia akan berhadapan dnegan Brunei Darussalam, kemudian berturut-turut dilanjutkan melawan Timor Leste, Korea Selatan dan Malaysia.

Jeda antara pertandingan satu dengan pertandingan yang lain hanya dua hari, sangat pendek bagi pemain untuk dapat melakukan recovery, jadi tentu kejelian dan kejeniusan pelatih untuk meracik tim sangat diperlukan di babak kualifikasi ini.