Presiden La Liga Berharap Barcelona Lakukan Pembelian Kembali Lionel Messi

Presiden Liga Spanyol, La Liga, Javier Tebas, percaya jika Barcelona akan membuat langkah kebijakan untuk melakukan pembelian kembali mega bintang mereka, Lionel Messi.

Namun Javier Tebas menyadari jika Barcelona tentu akan sangat kesulitan melakukan hal tersebut karena kondisi keuangan klub yang tengah sulit akibat adanya pandemi virus corona.

Menrutu Tebas, langkah rasional yang mungkin diambil oleh Barcelona adalah menawarkan kontrak baru kepada Lionel Messi dengan memberikan batas gaji sepak bola Spanyol.

“Tentu saja rival kami akan senang jika dia pergi, tapi mari kita lihat apa yang terjadi,” katanya. “Sejauh yang saya tahu dia belum menandatangani kontrak dengan orang lain. Saat ini dia jauh lebih dekat untuk bertahan di Barcelona daripada pergi ke klub lain.’ ungkap Javier Tebas seperti yang dilansir dari Mail Online.

Aturan Financial Fair Play La Liga sendiri membatasi apa yang dikeluarkan setiap klub untuk gaji setiap musim dan Barcelona perlu menghapus 187 juta euro dari tagihan upah mereka yang ada – sesuatu yang tidak membantu mereka menawarkan kontrak baru kepada Messi setelah kontrak yang sudah ada habis bulan lalu.

Tapi Tebas berkata: “Saya masih berpikir mereka akan menyelesaikan masalah mereka,” menambahkan bahwa krisis keuangan global berarti tidak ada yang mampu menawarkan Messi jenis kontrak yang dia berikan pada tahun 2017.

“Tidak terpikirkan bahwa dia bisa mendapatkan kontrak yang sama di Barcelona dan itu berlaku untuk klub lain. Akan sangat sulit bagi klub mana pun di Eropa untuk dapat memainkan kontrak itu,” katanya.

Bahkan Tebas yakin meskipun saat ini ada dua klub di dunia dengan keuangan sangat mumpuni yakni PSG dan Manchester City, namun dengan kondisi pandemi virus corona yang masih berlangsung saat ini, PSG dan City pun tidak akan mau memberikan kontrak mahal kepada Lionel Messi.

“Jika City baru saja mengalami kerugian 270 juta euro dan PSG 240 juta [karena pandemi], jelas mereka tidak dapat membayar kontrak Messi. Jika mereka mampu mengontrak Messi dengan menyamai kontraknya di Barca sebelumnya, itu akan menjadi contoh doping finansial yang telah saya bicarakan sejak lama.’ lanjut Presiden La Liga tersebut.

“Tentu saja kami ingin Messi bertahan, tetapi ketika Anda menjalankan liga, Anda tidak dapat mendasarkan keputusan pada pemain atau klub individu.”

Tebas menegaskan kembali keyakinannya bahwa manajemen yang buruk dari dewan sebelumnya Barcelona telah memprovokasi situasi mereka saat ini. Dia berkata: ‘Salah satu masalah Barcelona adalah bahwa mereka selalu pergi ke batas batas gaji mereka sehingga ketika Pandemi tiba tidak ada margin. Madrid tidak melakukan itu dan merasa lebih mudah untuk menjual pemain karena gaji mereka tidak terlalu tinggi sehingga mereka tidak bisa dipindahkan. Namun Barcelona tidak akan menjadi satu-satunya klub yang mengalami kerugian karena pandemi. Manchester City dan PSG pasti juga terkena flu.’ tutup Tebas.

Lionel Messi sendiri saat ini memang belum melakukan perpanjangan kontrak bersama Barcelona.

Pemain Timnas Argentina tersebut saat ini tengah memperkuat Timnas Argentina di ajang Copa America 2021 dan bersiap untuk menghadapi partai final melawan seteru abadi Argentina, Brasil.

Jadwal pertandingan final Copa America antara Argentina Vs Brasil akan digelar pada Sabtu (10/7/2021) mulai pukul 07.00 WIB.

Tinggalkan komentar