PSSI Hukum Persib Bandung: Denda Rp 200 Juta Dan Dinyatakan Kalah 0-3 Lawan Persija Jakarta

Persib Bandung didenda PSSI
Persib Bandung didenda PSSI

Meskipun Liga 1 telah resmi berakhir kurang lebih satu minggu yang lalu, namun Komis Disiplin PSSI tetap bekerja dan menjatuhi hukuman kepada Persib Bandung terkait aksi tak melanjutkan permainan saat melawan Persija Jakarta pada tanggal 3 November 2017 lalu.

Seperti yang dilansir di situs resmi PSSI, PSSI.org (23/11/2017), melalui surat keputusan dengan nomor 123/L1/SK/KD-PSSI/XI/2017 menyatakan menghukum Persib Bandung dengan memutuskan sanksi kalah dengan skor 0-3 atas Persija Jakarta dan diharuskan membayar dengan sebesar Rp 200.000.000,-.

Pada pertandingan tanggal 3 November 2017 saat Persib Bandung vs Persija Jakarta, para official dan pemain Persib Bandung memang sepakat tidak melanjutkan permainan, padahal pada saat tersebut pertandingan masih tersisa kurang lebih delapan menit lagi dari waktu normal.

Keputusan mogok para pemain dan official Persib Bandung di pertandingan tersebut tak lain adalah karena wasit asal Australia, Evans Shauns Robert beberapa kali telah dianggap merugikan Persib Bandung.

Keputusan kontroversial Evans yang pertama adalah menganulir gol Ezechiel N’Doussel pada menit ke-27. Dan puncaknya adalah saat Vladimir Vujovic diganjar kartu merah usai melanggar Bruno Lopes dan melontarkan perkataan tidak pantas kepada wasit.

Selain terkena sanksi kalah 0-3 dari Persija Jakarta dan diharuskan membayar denda sebesar Rp 200 juta, Persib Bandung juga masih diharuskan membayar denda sebera Rp 195 juta karena suporter Persib menyalakan flare di dalam stadion dan masuk ke dalam lapangan saat pertandingan antara Persib Bandung Vs Perseru Serui.

Pil pahit bahkan juga harus diterima oleh Manajer Persib Bandung, Umuh Muhtar. Seperti yang dilansir oleh Bolasport.com (23/11/2017), Umuh Muchtar juga mendapatkan sanksi dari Komdis PSSI berupa larangan beraktivitas dalam sepak bola di lingkungan PSSI selama enam bulan ke depan, dan membayar denda sebesar Rp 50 juta.

Hukuman tersebut harus diterima oleh Umuh Muchtar karena manajer Persib Bandung tersebut ditengarai melakukan provokasi saat pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta.