Rekor Sepanjang Masa Steven Gerrard di Liverpool

Steven Gerrard adalah salah seorang pemain sepakbola kelahiran Whiston, Merseyside, Inggris, 30 Mei 1980 yang sangat sukses saat membela Liverpool.

Selama memperkuat Liverpool dan Timnas Inggris, pemain yang memiliki nama lengkap Steven George Gerrard ini termasuk salah satu pemain yang serba bisa. Gerrard pernah bermain di berbagai posisi seperti second striker, gelandang bertahan, bek kanan, dan pemain sayap kanan.

Steven Gerrard membuat debut di Liverpool pada tahun 1998 dan dua tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 2000 pemain yang memakai nomor punggung 8 ini mulai mendapatkan tempat permanen di tim utama, dan di tahun 2003 pamor Steven Gerrard semakin mengkilap dan ditunjuk untuk menjadi kapten tim Liverpool menggantikan Sami Hypia.

Baca juga: Catatan Rekor Liverpool Usai Tumbangkan West Ham United 3-2

Sepanjang menjadi pemain Liverpool, Steven Gerrard telah meninggalkan catatan-catatan rekor sepanjang masa bagi klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

504 Pertandingan
Perjalanan karir Steven Gerrard di Liverpool dimulai tahun 1998 hingga tahun 2014 saat Gerrard memutuskan hengkang dari Liverpool dan bermain untuk LA Galaxy.

Selama bermain untuk Liverpool, Gerrard telah mencatatkan 504 kali bermain untuk Liverpool.
Catatan jumlah bermain Steven Gerrard tersebut berada di peringkat kedua catatan sepanjang masa Liverpool.

Untuk peringkat pertama dihuni oleh legenda Liverpool yang lain, yaitu Jamie Carragher yang mencatatkan jumlah penampilan sebanyak 508 kali.

120 Gol
Rekor terbanyak kedua jumlah bermain di Liverpool juga diimbangi oleh Steven Gerrard dengan catatan yang tak kalah apiknya di jumlah gol yang dihasilkan.

Meskipun hanya bermain di posisi tengah, namun untuk urusan mencetak gol, Steven Gerrard sangat produktif dengan mencatatkan mencetak 120 gol.

Catatan jumlah gol Steven Gerrard untuk Liverpool ini hanya kalah dari penyerang legendaris Liverpool, Robbie Fowler, dengan 128 golnya.

Namun catatan Gerrard tersebut telah mengalahkan beberapa nama penyerang hebat Liverpool lainnya seperti Michael Owen, Luiz Suarez dan juga Fernando Torres.

92 Assist
Steven Gerrard yang bermain sebagai pemain tengah tentu memiliki tugas utama selain mencetak gol, yaitu memberikan umpan atau assist kepada pemain lain dan penyerang Liverpool khususnya untuk dapat mencetak gol.

Tugas sebagai pengumpan ini dilakukan oleh Steven Gerrard dengan sangat baik.

Selama membela Liverpool, Steven Gerrard telah membuat 92 assist bagi Liverpool. Catatan assist Liverpool tersebut menjadi yang terbanyak mengalahkan pemain sayap legenda Liverpool, Steve McManaman yang membukukan 58 assist.
Catatan assist Steve McManaman terhenti ditengah jalan karena pemain lincah ini pindah ke Real Madrid ketika permainannya sedang berada di puncak.

255 Kemenangan
Selama memperkuat Liverpool, Steven Gerrard telah membukukan 255 kemenangan.

Namun catatan Gerrard tersebut masih kalah dengan catatan jumlah kemenangan yang dipegang oleh Jamie Carragher.

Jamie Carragher membukukan 264 kali kemenangan bersama Liverpool

Tinggalkan komentar