Rio Haryanto akhirnya telah resmi menjadi pembalap Formula 1 bergabung dengan Manor Racing untuk musim 2016 ini.Perjuangannya menembus kursi F1 setelah berjuang dan meminta bantuan dari kanan kiri termasuk ke Pemerintah akhirnya membuahkan hasil.

Di musim kompetisi Formula 1 2016, Rio Haryanto akan turun dengan menggunakan nomor 88. Nomor 88 sendiri jika dilihat dari tradisi Rio Haryanto yang memiliki darah keturunan Tionghoa memiliki arti sebagai angka keberuntungan dan kemakmuran yang berlipat ganda.

Pemuda asal kota Solo ini tidak memberikan keterangan resmi terkait pemilihan nomor tersebut, namun sebagai pembalap Formula 1 pertama yang berasal dari Indonesia tentu semua elemen masyarakat Indonesia berharap bahwa karir Rio di Formula 1 selalu bagus dan di musim pertamanya selalu mendapatkan keberuntungan untuk mendapatkan kemakmuran.

Di tim Manor Racing, Rio Haryanto akan berduet dengan Pascal Wehrlein dan akan membalap dengan menggunakan mobil MRT05.

Pembalap lulusan GP2 ini akan mulai membalap di Formula 1 pada sesi latihan bebas dan kualifikasi seri GP Australia yang dijadwalkan pada 18-19 Maret di Sirkuit Melbourne.
Namun sebelumnya Rio Haryanto akan lebih dulu meluncurkan mobil MRT05 untuk musim balap F1 2016 pada tanggal 22 Februari 2016 di Barcelona, dan selanjutnya akan melakukan ujicoba pada tanggal yang sama sampai dengan tanggal 25 Februari, Rio akan melakukan uji coba sesi dua pada tanggal 1-4 Maret 2016.