Timnas Indonesia U-19 Bisa Lolos Ke Babak Perempat Final, Asalkan….

Bagaimanakah peluang Timnas Indonesia U-19 untuk dapat lolos ke babak perempat final? Begini syarat Timnas Indonesia U-19 bisa lolos ke perempat final Piala AFC U-19

Timnas U-19 Piala AFC 2018
Timnas U-19 Piala AFC 2018

Asa Timnas Indonesia U-19 untuk bisa lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19 2018 Jakarta belum sepenuhnya tertutup meskipun di pertandingan kedua Grup A, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kalah dengan skor 5-6 oleh Qatar.

Pada pertandingan kedua Grup A yang digelar pada hari Minggu (22/10/2018), peluang Timnas Indonesia hampir saja tertutup rapat.

Ketika babak pertama berakhir, anak asuh Indra Sjafri ini sudah tertinggal 1-4, terlebih lagi di awal babak kedua, derita Timnas U-19 masih harus bertambah usah Qatar berhasil menambah pundi-pundi golnya.

Beruntung, Timnas Indonesia U-19 memiliki Todd Ferre, yang menjadi pemain kunci kebangkitan Timnas Indonesia U-19 dalam mengejar ketertinggalan defisit 5 gol dari Qatar.

Pada pertandingan tersebut, Todd Ferre sendiri berhasil mencetak tiga gol. Namun sayang, meskipun telah melalui perjuangan keras untuk menyamakan kedudukan, Timnas U-19 harus menelan kekalahan 5-6 dari Qatar.

Dengan kekalahan tersebut, posisi Timnas Indonesia U-19 berada di peringkat ketiga, dibawah Uni emirat Arab dan Qatar.

Meskipun Qatar dan Indonesia memiliki jumlah poin yang sama, namun Qatar lebih berhak berada di posisi kedua karena unggul head to head dari Indonesia.

Lalu bagaimanakah peluang Timnas Indonesia U-19 masih bisa lolos ke babak perempat final?

Peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke babak perempat final masih ada.

Ada tiga skenario yang bisa membuat peluang Timnas Indonesia U-19 tetap terjaga.

1. Menang di Pertandingan Indonesia Vs Uni emirat Arab, dan Qatar menang lawan Chinese Taipei

Skenario yang pertama adalah, Timnas Indonesia U-19 berhasil menang atas Uni emirat Arab di pertandingan terakhir mereka nanti.

Jika Timnas U-19 berhasil menang, maka Indonesia akan memiliki 6 poin, sama dengan Uni emirat Arab.

Dan jika Qatar juga menang saat melawan Chinese Taipei, maka Indonesia, Uni emirat Arab dan Qatar akan memiliki jumlah poin yang sama.

Dengan demikian, penentuan tim yang lolos akan ditentukan dari selisih gol di antara tim.

2. Menang di Pertandingan Indonesia Vs Uni emirat Arab, dan Qatar bermain seri lawan Chinese Taipei

Jika skenario ini yang terjadi, maka timnas Indonesia berhak lolos ke babak perempat final Piala AFC U-19, karena poin Indonesia akan lebih banyak daripada Qatar.

Dengan skenario tersebut, maka posisi klasemen grup A akan menjadi Indonesia (6 poin), UEA (6 poin), Qatar (4 poin), Chinese Taipei (1 poin).

3. Qatar Kalah Melawan Chinese Taipei

Jika di pertandingan terakhir Grup A nanti yang terjadi adalah Qatar bisa dikalahkan oleh Chinese Taipei, maka Timnas Indonesia U-19 hanya perlu mendapatkan hasil seri saja.

Dengan skenario ini, maka klasemen Grup A akan menjadi UEA (7 poin), Indonesia (4 poin), Qatar (3 poin), Chinese Taipei (3 poin)

Dari tiga skenario tersebut, dapat disimpulkan bahwa agar peluang Timnas Indonesia tetap terbuka, maka Egy Maulana Vikri harus bisa menang melawan Arab Saudi.

Jika Timnas Indonesia U-19 mampu bermain cepat dan rapi seperti babak kedua saat melawan Qatar, bukan tak mungkin Egy Maulana Vikri akan dapat meraih kemenangan dan lolos ke babak perempat final.

Ayo Indonesia Bisa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here