PSSI akhirnya mengumumkan hasil Sidang Komite Lisensi Klub PSSI yang menyatakan bahwa ada dua klub yang telah lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC.

Sayangnya dua klub yang telah berhasil mendapatkan verifikasi klub profesional dengan standar AFC tersebut bukanlah klub-klub yang saat ini berada di papan atas Liga 1.

Dua klub tersebut adalah Arema FC dan Persib Bandung, sementara itu tiga klub lain yaitu Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta belum berhasil mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC dan masih diberikan kesempatan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan agar dapat lolos verifikasi.

Seperti yang dilansir oleh Bola.com (26/10/2017), lisensi klub profesional dengan standar AFC tersebut menjadi salah satu syarat mutlak bagi klub yang akan bertanding di level Asia yang digelar AFC, yaitu Liga Champions Asia dan Piala AFC.

Agar dapat lolos verifikasi tersebut, klub-klub yang mendaftarkan harus telah memenuhi lima aspek penilaian yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia, administrasi dan pembinaan usia dini.

Bagaimana jika seandainya klub-klub papan atas tidak dapat memenuhi verifikasi dan gagal mendapatkan lisensi sebgai klub profesional dengan standar AFC ?

Seperti yang dilansir oleh Bola.com (26/10/2017), jika mengacu pada peraturan AFC, AFC akan melihat klub yang berada di posisi pertama hingga kesembilan yang akan dapat berkompetisi di Liga Champions Asia dan Piala AFC, namun dengan catatan tetap klub yang berada di posisi teratas dan yang memiliki lisensi AFC yang akan mendapatkan prioritas.

Dengan regulasi ini, Arema FC dan Persib Bandung akan memiliki peluang untuk tampil di kompetisi level Asia menggantikan posisi tim-tim di atasnya jika tim-tim di atasnya tidak lolos proses verifikasi klub profesional standar AFC.

“Jadi, jika klub juara liga tidak memiliki lisensi AFC, jatah play-off Liga Champions akan diberikan kepada klub yang berada di peringkat berikutnya yang telah memiliki lisensi AFC. Demikian juga untuk penetapan jatah tiket Piala AFC. Untuk pendaftaran, kami masih menunggu sampai kompetisi berakhir. AFC memberikan deadline hingga 22 November dan kami akan daftarkan klub sebelum deadline itu,” jelas Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Namun jika mengacu pada regulasi yang telah ditetapkan oleh PSSI, maka hanya juara Liga 1 2017 yang akan mewakili Indonesia di kompetisi Liga Champions Asia, sedangkan runner up dan peringkat ketiga Liga 1 2017 akan tampil di Piala AFC.