Ini Penyebab PSM Makassar Tak Lolos Verifikasi Klub Profesional AFC

Sesuai dengan hasil sidang Komite Lisensi Klub PSSI, hanya ada dua klub saja yang berhasil lolos verifikasi klub profesional AFC, yaitu Arema FC dan Persib Bandung.

Kedua klub tersebut saat ini bukanlah klub yang menjadi juara ataupun runner up yang akan mewakili Indonesia di kompetisi antar klub di Asia. Arema FC saat ini terpaku di posisi kesembilan, sedangkan Persib Bandung lebih parah lagi, dengan menduduki peringkat ke-12.

PSM Makassar yang saat ini menjadi pemimpin klasemen Liga 1 Gojek Traveloka dan memiliki peluang besar untuk dapat tampil di Liga Champions Asia gagal mendapatkan verifikasi klub profesional AFC.

Seperti yang dilansir oleh Bola.com (26/10/2017), pihan manajemen PSM Makassar mengakui jika masih ada sekitar 20 persen dari 33 syarat wajib yang belum disetorkan oleh manajemen PSM ke PSSI.

Menurut media officer PSM, Andi Widya Syadzwina, atau yang akrab disapa dengan Wina, sejumlah syarat yang belum dikirimkan ke PSSI itu memang kurang dipahami oleh tim lisensi PSM dalam penginputan data.

“Kami akan berusaha melengkapinya sebelum tenggat waktu yang ditentukan,” ungkap Wina.

Pihak manajemen PSM sendiri saat ini telah bergerak cepat dengan mengirimkan surat banding kepada PSSI.

Karena hanya dengan mendapatkan lisensi klub profesional AFC lah klub berjuluk Juku Eja ini akan dapat mengikuti kompetisi bergengsi se-Asia, Liga Champions Asia 2018.