Jack Brown: Profil dan Biodata

Nama Jack Brown di jagad sepak bola Indonesia tiba-tiba kembali menjadi perbincangan hangat.

Hal ini tak lepas karena aksi Jack Brown di pertandingan persahabatan Timnas U19 Indonesia Vs Makedonia Utara yang berlangsung pada hari Minggu (11/10/2020) malam.

Di pertandingan yang berlangsung di Stadion NK Uskok Klis. Kroasia tersebut, Jack Brown berhasil mencetak dua gol dan membawa Indonesia meraih kemenangan dengan skor 4-1.

Profil dan Biodata Jack Brown

Lalu siapakah Jack Brown?
Bintang baru Timnas U19 Indonesia yang sebenarnya sudah sejak lama dinantikan kiprahnya berseragam Timnas Indonesia oleh para fans sepak bola Indonesia?

Profil Jack Brown

Sebelum berseragam Timnas Indonesia, Jack Brown meniti karir sepak bolanya di Inggris.

Maklum saja karena ayah Jack Brown berkebangsaan Inggris.

Jack Brown juga tercatat pernah berpartisipasi di Manchester United Soccer School (MUSS) Dubai pada tahun 2006 lalu dan dinobatkan sebagai pemain terbaik MUSS Dubai.

Bahkan pemain yang di Timnas U19 memakai nomor punggung 10 ini terpilih sebanyak dua kali sebagai best player of the year of Sony Tournament Al Rasyid Elementary School, Nad Al Sheba 2010, dan Dubai English Speaking School Tournament 2011.

Bahkan saat di Football Summer Camp 2012 di Jakarta yang diselengarakan oleh Manchester United Soccer School Singapore, Jack Brown mencatatkan nilai tertinggi (600 poin) dan langsung membuatnya lolos bertanding di MUSS Old Trafford Oktober 2012.

Yang membuat bangga dari sosok Jack Brown ini meskipun ayahnya berkebangsaan Inggris, namaun Jack Brown selalu mengatakan bahwa dirinya adalah orang Indonesia.

Bahkan saat ditanya oleh Sir Alex Ferguson, ” Where do you come from?’. Jack Brown dengan tegas menjawab, ” Indonesia.”. Sir Alex Fergusson terkesan sekali dan mengatakan ” Indonesia?. Wow, that”s interesting”.

Setelah itu, Jack Brown kemudian melanjutkan karirnya sebagai pesepakbola di Inggris dengan membela Brentwood School U-12 serta Independent Schools Football Association untuk kategori usia U-14 dan U-16.

Dan kemudian berlanjut terdaftar sebagai pemain Lincoln City U-18, dan menunjukkan performa mengesankan bersama klubnya tersebut.

Perjalanan Jack Brown Di Timnas U19

Meskipun memiliki banyak prestasi di MUSS dan juga Inggris, namun karir Jack Brown di Timnas Indonesia tidaklah semulus saat dirinya bergabung dengan MUSS.

Jack Brown sempat dipanggil untuk memperkuat Timnas U19 arahan Indra Sjafri di tahun 2017 lalu, namun pada saat itu adaptasinya tidak mulus dan Brown pun gagal berkiprah untuk pertamakalinya bersama Timnas U19.

Di bulan Februari lalu, Jack Brown kembali dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas U19 Indonesia, namun lagi-lagi adaptasinya tak berjalan mulus dan membuatnya kembali harus mengubur mimpi untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Baru di pemanggilan ketigalah Jack Brown berhasil mencuri perhatian pelatih Timnas U19 saat ini, Shin Tae-yong dan kemudian bergabung dengan TC Timnas U19 Indonesia di Kroasia.

Biodata Jack Brown

Nama lengkap: Jack Alan Brown

Nama panggilan: Jack Brown

Tanggal lahir: 2 November 2001

Tempat lahir: Jakarta, Indonesia

Tinggi: 175 cm

Agama:

Nama ayah: Lance Brown

Nama ibu: Indah Brown

Klub: Lincoln City U18

Tinggalkan komentar