Rio Haryanto telah menjalani debut pertamanya bersama Manor Racing turun ke lintasan F1 di Spanyol.

Seusai mencoba mobil balap Formula 1 nya, Rio Haryanto mengatakan bahwa saat ini dirinya merasa sangat bangga dapat turun ke lintasan F1 mewakili nama Indonesia, dan dirinya juga merasakan sangat bahagia mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Indonesia.

Dalam sesi ujicoba yang berjalan saat ini Rio Haryanto mengatakan bahwa dirinya masih merasakan sedikit kesulitan dan masih harus mempelajari lebih banyak mengenai mobil MRT05 yang dipakainya, tim dan lintasan.

Dalam sebuah video wawancara yang berjudul Rio Haryanto Makes F1 History For Indonesia, Rio mengatakan bahwa tanpa dukungan para fansnya, kebanggaannya keluar dari paddock menuju lintasan, dan kebahagiaannya berada di dalam kokpit MRT05 tidak akan terjadi.

Dalam sesi awal latihan yang digelar pada hari Rabu (24/2/2016) mobil Rio Haryanto sempat melintir dan menabrak pembatas lintasan, meskipun bendera merah sempat dikibarkan untunglah mobil MRT05 Rio dan Rio sendiri tidak mengalami cedera dan kerusakan yang serius.

Namun nyali pemuda asal Kota Solo ini tidak surut, sesaat setelah beristirahat, Rio kembali turun ke lintasan dan berhasil memacu mobilnya untuk meraih waktu 1:28:249 dengan menggunakan ban medium.

Dengan hasil tersebut, Rio menduduki posisi ke-12 dari duabelas pembalap dan ada di bawah posisi Felipe Massa dan Jenson Button yang dua detik lebih cepat di depan Rio