Vietnam Vs Indonesia: Indonesia Lolos Ke Babak Final Piala AFF 2016

Vietnam vs Indonesia: Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam di pertandingan Semifinal kedua Piala AFF 2016 yang digelar di Vietnam dengan skor 2-2

Langkah Indonesia ke Final Piala AFF 2016 akhirnya dipastikan malam ini setelah Timnas Indonesia yang dilatih oleh Alfred Riedl berhasil menahan tuan rumah Vietnam di pertandingan Semifinal kedua yang digelar di Stadion Nasional My Dinh pada sore ini (Rabu, 7/12/2016).

Lolosnya Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2016 ini berkat Boaz Solossa dan kawan-kawan berhasil menahan imbang tuan rumah Vietnam dengan skor 2-2 dan membuat agregat pertandingan menjadi 4-3 setelah di leg semifinal pertama Indonesia berhasil menang 2-1 atas Vietnam.

Pada pertandingan Semifinal Piala AFF 2016 leg kedua ini Timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol yang dilesakkan oleh Stefano Lilipaly setelah berhasil memanfaatkan kemelut di gawang Vietnam akibat umpan silang terukur Boaz yang mengarah langsung ke tiang jauh gawang Vietnam.

Di sepanjang pertandingan daerah pertahanan Indonesia dibombardir secara terus menerus oleh para pemain Vietnam, meskipun pada babak pertama para pemain belakang Indonesia yang digalang oleh Hansamu Yama dan Fachruddin berhasil meredam, namun pada akhirnya di pertandingan kedua, tepatnya di menit ke-54 Vietnam mampu menjebol gawang Indonesia yang dijaga oleh Kurnia Meiga.

Pada menit ke-76 Indonesia sebenarnya berhasil mendapatkan keuntungan setelah kiper Vietnam mendapatkan kartu merah dan sisa pergantian Vietnam telah habis.
Mau tak mau, akhirnya salah satu pemain belakang Vietnamlah yang harus menjadi penjaga gawang.

Namun, meskipun hanya bermain 10 pemain, gelombang serangan Vietnam tidak pernah reda, hingga khirnya pada masa injury time, Vietnam berhasil berbalik unggul atas Indonesia dengan skor 2-1 berkat tendangan keras Minh Tuan. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu 2×15 menit.

Babak Tambahan Waktu 2×15 menit

Memasuki babak tambahan waktu 15 menit pertama, permainan Vietnam menurun, dan hal ini tak disia-siakan oleh para pemain Timnas Indonesia hingga pada akhirnya Ferdinand Sinaga yang berhasil lolos dari jebakan offside harus diganjal oleh Que Ngoc Hai dan hadiah penalti pun diberikan oleh pengadil lapangan.

Manahati Lesusen yang dipercaya sebagai eksekutor tendangan penalti berhasil menjalankan tugas dengan sangat baik, dan Indonesia pun berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dan agregat pertandingan pun berbalik menjadi 3-2 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Hingga akhir babak perpanjangan waktu 2×15 menit skor pun akhirnya tidak berubah, dan timnas Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke Final Piala AFF 2016.

Jadwal Final Piala AFF 2016

Di pertandingan final Piala AFF 2015 Indonesia akan menghadapi pemenang antara Thailand vs Myanmar.
Sama halnya seperti pertandingan semifinal, Final Piala AFF 2016 juga akan menggunakan sistem home dan away.
Putaran pertama akan digelar pada tanggal 14 Desember, sedangkan putaran kedua akan digelar pada tanggal 17 Desember 2016.

Susunan Pemain pertandingan Vietnam Vs Indonesia

Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong 74′); Nguyen Van Toan (Vu Van Toan 57′), Vu Minh Tuan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong 69′)
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar 88′), Rizky Pora, Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun 85′); Boaz Solossa (Ferdinand Sinaga 72′)
Pelatih: Alfred Riedl