Persaingan perebutan gelar juara dunia MotoGP telah mendekati saat-saat terakhir. Saat ini Marc Marquez ada dipuncak klasemen pembalap dan hanya unggul 16 poin atas Andrea Dovizioso.

Dengan hanya tesisa empat balapan saja, baik Marquez maupun Dovizioso masih memiliki peluang yang sama untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2017.

Agar peluang Marc Marquez tetap terjaga, Alex Marquez yang membalap di Moto2 mengingatkan sang kakak agar mampu menjaga momentum.

“Keunggulan 16 poin tidak berarti apa-apa. Marc harus terus mempertahankan momentum. Jika dia gagal mendapatkan poin, dia bisa kembali berada di belakang Andrea Dovizioso” ungkap adik Marc Marquez ini seperti yang dilansir dari bolasport.com (10/6/2017).

Mengingat persaingan ketat di klasemen atas, Alex Marquez yakin jika penentuan gelar juara dunia MotoGP musim ini akan ditentukan di Valencia, meskipun sebenarnya Alex ingin kakaknya dapat meraih gelar lebih awal.

Sementara itu legenda balap MotoGP, Mick Doohan memiliki penilaian sendiri mengenai peluang Marquez menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

“Saya pikir dia terlalu kuat saat ini, dia berada di atas lawan-lawannya. Berada di level berbeda dibanding yang lain, Marquez sama bagusnya dengan Valentino Rossi, dirinya cukup kuat dan percaya diri, dan punya tunggangan yang bagus. Keunggulannya di musim ini tidak terlalu besar, tapi dia akan bisa meningkatkannya di balapan berikutnya” ungkap Mick Doohan yang saat ini telah berusia 52 tahun.

Marc Marquez sendiri memang menjalani musim balap musim ini dengan kurang mulus. Marquez semapt tertinggal 37 poin dari posisi puncak klasemen setelah enam seri.

Namun di delapan seri terakhir, pebalap Repsol Honda tersebut berhasil tampil apik dan dominan dengan meraih empat kemenangan dan tujuh kali naik podium, hingga akhirnya pada saat ini berhasil unggul 16 poin atas pesaing terdeketnya, Andrea Dovizioso.