Deretan Rekor Membalap Marc Marquez Sepanjang Karir

Foto Marc Marquez juara dunia MotoGP 2019
Foto Marc Marquez juara dunia MotoGP 2019

Marc Marquez adalah sosok pebalap yang sangat fenomenal di sepanjang karir membalapnya.

Sejak awal-awal membalap di MotoGP, pebalap muda tersebut sudah berani bersaing dan berseteru dengan para pebalap senior yang telah membalap di MotoGP terlebih dahulu.

Mulai dari Lorenzo hingga Valentino Rossi, pernah bersaing dan berseteru secara langsung di lintasan dengan Marc Marquez.

Wajar memang, karena gaya membalap Marquez memang sangat fenomenal. Dan pada saat itu boleh dikatakan oleh para seniornya, Marquez membalap dengan sangat nekat dan penuh resiko sehingga membahayakan pebalap MotoGP yang lain.

Tetapi, terlepas dengan gaya membalap Marc Marquez yang sangat fenomenal, yang pada akhirnya pebalap HRC ini mendapatkan julukan sebagai Baby Alien, Marquez telah mengukir beberapa rekor prestasi yang tak kalah fenomenalnya.

Berikut ini beberapa rekor luar biasa yang telah dicatatkan oleh Marc Marquez:

Youngest Race Winner
Marc Marquez menjadi pebalap termuda yang menjadi juara di lintasan Austin.

Pada saat mencatatkan rekor tersebut di Ausin pada tahun 2013, Marquez berumur 20 tahun lebih 63 hari.

Catatan tersebut mengalahkan catatan pebalap sebelumnya yang dipegang oleh Freddie Spencer, yang menjadi juara GP Austin saat berusia 20 tahun 196 hari.

Youngest Premier Class Champion
Dalam gelar ini, Marc Marquez kembali memperbarui catatan yang pernah diraih oleh Freddie Spencer.

Marc Marquez menjadi juara termuda dengan usia 20 tahun 266 hari. Mengalahkan catatan Freddie Spencer yang kala itu berusia 21 tahun 258 hari.

Youngest Rider To Win In Three Classes
Marc Marquez masih mencatatkan rekornya di lintasan balap Austin, kali ini dengan menjadi pebalap termuda yang memenangkan gelar juara di sirkuit Austin dalam tiga kelas yang berbeda.

Di tahun 2013 tersebut, Marc Marquez menjadi pebalap termuda yang pernah menang dalam tiga kelas berbeda di Austin dalam usia 20 tahun 63 hari.

Catatan Marquez tersebut memperbarui catatan yang ditorehkan Dani Pedrosa dengan usia 20 tahun 227 hari.

Youngest Six-Time Premier Class Champion Ever
Marc Marquez menjadi pebalap MotoGP termuda yang berhasil meraih gelar juara 6 kali berturut-turut.

Catatan rekor ini ditorehkan oleh Marquez saat berusia 26 tahun 231 hari dan mengalahkan catatan yang diraih oleh Giacoma Agostini (29 tahun 25 hari).

Youngest Rider To Take Eight World Championship
Nama Marc Marquez di lintasan balap MotoGP makin bersinar setelah berhasil mencatatkan diri sebagai pebalap termuda MotoGP yang meraih gelar juara dunia sebanyak 8 kali.

Catatan Marc Marquez tersebut mengalahkan catatan Mike Hailwood (27 tahun 112 hari)

Perjalanan karir Marc Marquez di MotoGp masih sangat panjang, jadi masih sangat mungkin pebalap yang dijuluki sebagai The Baby Alien ini mencatatkan rekor-rekor yang lain lagi dan mengalahkan catatan rekor yang pernah ada sebelumnya.