Liga Santri Nusantara Siap Pasok Pemain Berkualitas Untuk Timnas U-19

Liga Santri Nusantara yang digelar sejak pertengahan bulan September 2017 lalu telah resmi berakhir pada hari Minggu kemarin (29/10/2017) dengan memunculkan Darul Huda Ponorogo sebagai pemenangnya.

Darul Huda Ponorogo berhasil menjadi juara setelah mengalahkan tim Darul Hikmah Cirebon di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, dengan skor tipis 1-0.

Seusai kompetisi yang mempertemukan beberapa pondok pesantren dalam kompetisi sepak bola ini, penyelenggara Liga Santri Nusantara (LSN) tak ingin jika para pemain yang berbakat hanya berhenti di liga ini.

Seperti yang dilansir oleh detik.com (30/10/2017), Direktur Kompetisi dan Pertandingan, M. Kusnaeni mengatakan jika para pemain yang bagus akan dijaring dan akan didorong untuk diikutsertakan mengikuti seleksi Timnas U-19.

“Tentunya seperti sebelumnya, pemain yang bagus akan dijaring dan akan kami bawa. Tahun lalu data kita ada 84 pemain. Ada tiga yang dipanggil dan terpilih satu. LSN mencoba memberi pasokan data yang dibutuhkan timnas ucap Direktur Kompetisi dan Pertandingan, M. Kusnaeni.

Keinginan penyelenggara Liga Santri Nusantara ini telah sejalan dengan keinginan Menpora Imam Nahrawi.

Imam berharap jika LSN ini akan menjadi wadah bibit unggul sepak bola Indonesia, dan Timnas ndonesia

“Dari LSN yang diinisiasi oleh Cak Imin, kita tahu ada Rafli Nur Salim (Ponpes As’ariyah Tangerang) yang telah memperkuat timnas Indonesia. Ke depan kita akan dorong para atlet LSN ini masuk di Liga Mahasiswa dan liga-liga yang lainnya maka akan semakin mudah dalam pencarian atlet bibit unggul di masa yang akan datang. Pemerintah bersama dengan para kyai telah memberikan wadah tempat melalui turnamen ini agar PSSI leluasa mencari terkait calon bibit unggul khususnya sepakbola. Jika dinilai baik silakan rekrut untuk kemudian dimasukkan di tim yang telah dibentuk PSSI dari SSB, dan liga-liga yang ada,” jelas Menpora seperti yang dilansir oleh Detik.com (18/9/2017).

M. Rafli Mursalim sendiri saat ini menjadi bagian dari skuat Timnas U-19 Indonesia yang akan bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-19 di Korea Selatan.